Kolaborasi dalam bidang teknologi adalah kunci untuk mengatasi berbagai tantangan pembangunan di berbagai daerah. Salah satu contoh kolaborasi yang sukses adalah transfer teknologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke Jurusan Elektro Universitas Cenderawasih (UNCEN), yang mencakup kegiatan pembangunan kapal fiberglas untuk masyarakat di Kabupaten Membramo Raya.

Transfer teknologi dari ITS ke Jurusan Elektro UNCEN adalah upaya untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan kapal fiberglas yang kuat dan tahan lama. Kolaborasi ini bertujuan untuk memungkinkan Jurusan Elketro UNCEN mengembangkan kapasitas teknisnya dan membantu memenuhi kebutuhan transportasi air di wilayah pedalaman seperti Kabupaten Membramo Raya.

Kegiatan pembangunan kapal fiberglas adalah bagian penting dari kolaborasi ini. Mahasiswa dan dosen dari Jurusan Elektro UNCEN bekerja sama dengan tim dari ITS untuk merancang, membangun, dan menguji kapal-kapal ini. Kapal-kapal tersebut akan digunakan untuk transportasi dan memfasilitasi akses ke wilayah pedalaman yang terisolasi.

Pembangunan kapal fiberglas ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Membramo Raya. Akses yang lebih baik ke wilayah tersebut akan mendukung pertumbuhan ekonomi, pendidikan, dan pelayanan kesehatan. Kapal-kapal ini juga dapat digunakan dalam kegiatan perikanan, perdagangan, dan transportasi umum.

Kolaborasi ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan peneliti di Jurusan Teknik Elektro UNCEN untuk mengembangkan teknologi lokal dalam pembuatan kapal fiberglas. Ini adalah langkah positif menuju pembangunan keunggulan teknologi di daerah tersebut.

X